Mata Uang Unik dari Pulau Yap, Berbentuk Koin Raksasa Yang Terbuat Dari Batu

Maret 19, 2019
Mata Uang Unik dari Pulau Yap, Berbentuk Koin Raksasa Yang Terbuat Dari Batu - Sebuah pulau terletak di lautan Oceania, Samudra Pasifik mempunyai yang mata uang sangat unik. Mata uang ini digunakan oleh masyarakat Yap dari Kepulauan Mikronesia terbuat dari bongkahan batu berbentuk bulat pipih seperti koin raksasa.

Dahulu, Budaya tukar menukar menggunakan mata uang dilakukan oleh nenek moyang bangsa ini. Nenek moyang suku Yap membentuk koin ini dengan ukuran besar dan bulat dengan lubang di tengahnya. Dianggap paling tradisional dari semua pulau-pulau Mikronesia di Pasifik utara, Yap terletak di sebelah timur Palau dan sebelah barat dari tiga pulau utama lainnya yang bersama-sama membentuk Negara Federasi Mikronesia (FSM).

Koin Yap
( Foto : Scott Fitzpatrick )


Berat batu tersebut beragam, sampai ada beberapa yang memiliki berat sebanding dengan mobil. Ratusan koin batu ini tersebar luas di kepulauan. Jumlahnya telah mencapai 13 ribu piringan batu. Koin batu itu berkisar antara 3,5 cm hingga 4 meter dalam diameternya. 

Di sisi lain, mereka sebenarnya tak menggunakan batu itu sebagai mata uang sehari-hari. Biasanya mereka menggunakan mata uang batu sebagai bentuk transaksi penting meliputi mahar pernikahan hingga menukarkan sebagai makanan jika seaindainya dalam situasi yang ekstrem.

Bagi kebanyakan manusia moderen, uang itu berupa kertas dan logam, tapi hidup ternyata lebih rumit bagi komunitas suku Yap yang sering menggunakan koin terbuat dari batu yang merupakan mata uang fisik terbesar di dunia.

Beberapa batu besar tak pernah dipindahkan, meskipun mereka telah berpindah tangan dalam transaksi seperti penjualan tanah, pernikahan dan kompensasi atas kerusakan pribadi.