Tepat di Tanggal 27 September 2018, Google Merayakan Ulang Tahunnya yang ke-20. Selamat Ulang Tahun Google !!!

Maret 19, 2019
Tepat di Tanggal 27 September 2018, Google Merayakan Ulang Tahunnya yang ke-20. Selamat Ulang Tahun Google !!! - Hari ini, tepat ditanggal 27 September 2018 merupakan  hari yang paling bersejarah untuk Google, perusahaan teknologi yang mempermudah hajat hidup masyarakat bumi itu kini memasuki usianya yang ke 20 tahun. Google yang kita lihat sekarang merupakan hasil kerja keras dari sekelompok mahasiswa pascasarjana biasanya yang tidak menyangka bahwa projek yang mereka buat bakal menjadi cikal bakal berdirinya raksasa teknologi dunia. Seperti yang telah diceritakan oleh laman Daily Mail, pada tahun 1995 di Stanford University di Stanford, California, calon mahasiswa pascasarjana bernama Larry Page, bertemu dengan seorang mahasiswa bernama Sergey Brin dan memutuskan untuk mengembangkan mesin pencari bernama BackRub yang dioperasikan menggunakan server di kampus mereka.

Taukah anda, sebenarnya nama Google lahir karena "kecelakaan" ? Ya, pada 1997 Larry dan Sergey awalnya ingin mengganti nama BackRub menjadi Googol. "Googol" sendiri merupakan istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi utama dari Googol sebagai gudang informasi yang tak terbatas di internet. Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek. Hal itu membuat Brin dan Page akhirnya "mentok" menggunakan nama Google untuk mesin pencari mereka. Dan setelah berganti nama menjadi Google tidak lama kemudian, pendiri Sun Microsystem Andy Bechtolsheim melakukan investasi sebesar $100,000 untuk mendirikan startup pada bulan Agustus 1998. Page dan Brin secara resmi mendaftarkan Google pada tanggal 4 September 1998. Investasi di perusahaan baru itu memungkinkan Page dan Brin pindah ke lokasi baru dan bekerja di garasi di Menlo Park, California, yang dimiliki oleh karyawan dan CEO YouTube masa itu, Susan Wojcicki.

Google Doogle

Peusahaan Google pun tumbuh pesat di tahun-tahun awal dan akhirnya memilih untuk menetap di kantor pusat yang baru di Mountain View, California pada tahun 2003. Setelah berjalan dengan cukup stabil, perusahaan ini pun meluncurkan penawaran publik pertamanya di NASDAQ pada bulan Agustus 2004, dan merilis sejumlah layanan baru selama bertahun-tahun, termasuk Google News pada tahun 2002, Gmail pada tahun 2004, Google Maps pada tahun 2005 dan Google Chrome pada tahun 2008.

Google pun meluncurkan sistem operasi mobile-nya yaitu Google Android pada tahun 2008, dan kemudian bercabang ke sosial media, mendirikan Google+ jejaring sosial online pada tahun 2011. Pada Oktober 2015, Google menjadi anak perusahaan utama dari perusahaan induk baru Alphabet Inc dan hingga saat ini, Google menjadi mesin pencari terbesar di dunia dan mempekerjakan sekitar 80.050 orang pada tahun 2018, sementara pendapatannya sekitar $110.9 milyar per 2017.

Ulang tahun raksasa teknologi asal negri paman sam tersebut untuk tahun ini dirayakan dalam bentuk animasi penuh warna di laman Google Doodle. Dalam Google Doodle edisi khusus kali ini, logo memperlihatkan font bertuliskan Google dalam animasi balon warna-warni khas Google, dengan angka 20 nyelip di tengah-tengah bersamaan dengan tulisan Google. Sangat lucu dan menarik ya.

Hari jadi mesin pencarian raksasa ini sebenarnya cukup membingungkan banyak orang. Karena menurut catatan Google baru secara resmi menjadi korporasi pada tanggal 7 September 1998. Yang jelas, Google memiliki banyak hari istimewa di bulan September. Sekadar informasi, alamat Google.com ternyata muncul dan terdaftar pada tanggal 15 September 1997 dan resmi menjadi sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Beberapa hari kemudian, Google secara teknis menjadi korporasi. Google pun pada mulanya merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 7 September. Pun begitu, semuanya berubah semenjak tahun 2005. Dimana, Google akhirnya memutuskan untuk menetapkan tanggal 27 September sebagai hari ulang tahun mereka. Pemilihan tanggal 27 September ini pun bukannya tanpa alasan. Google memilih tanggal ini untuk merayakan rekor jumlah halaman web yang sukses terangkum dalam indeks mesin pencari mereka. 

Ada-ada aja ya google. hehehe
Yang pasti, kami sebagai publisher blog hanya ingin mengucapkan selamat Ulang Tahun untuk Google.com dan berharap semoga selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk warganet dan bisa memberikan banyak lapangan pekerjaan, khususnya untuk anak muda Indonesia. Mengingat negara ini merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk dengan jumlah pengguna sosial media dan mesin pencarian terbanyak didunia. Selain itu, banyak sekali anak muda Indonesia yang punya peluang besar untuk bisa memberikan kontribusi untuk Google.